๐Ÿ‘€๐Ÿ‘€MENDIDIK ANAK PEREMPUAN ๐Ÿ‘€๐Ÿ‘€
Mendidik anak tentunya tidak ada yang mudah. butuh waktu yang lama untuk bisa mendidik dengan baik seorang anak. dibutuhkan ilmu, juga pengalaman yang cukup untuk bisa mendidiknya.


Berdasarkan Survey BKKBN tahun 2010 menunjukkan bahwa 51% remaja di Jabodetabek telah melakukan hubungan seks diluar nikah. Kondisi ini tak hanya terjadi di Jabodetabek, tren mengerikan juga terjadi di berbagai kota: Surabaya (54 %), Bandung (47 %), dan Medan (52 %). Sangat mengerikan remaja indonesia zaman sekarang. ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ


Perempuan adalah sasaran paling rentan bagi tindak kekerasan dilingkungan luar dalam bentuk apapun. Pada dasarnya mendidik anak perempuan maupun laki-laki itu sama saja. Namun ada beberapa hal yang berbeda dalam pengasuhan antara anak laki-laki dan anak perempuan.. penanganan pendidikan mereka juga berbeda.
Berdasarkan Laporan Komnas Perempuan tahun 2016, dari 259.150 kasus kekerasan pada anak perempuan yang terjadi di 2016, 3.092 diantaranya terjadi di ruang publik.


Kenapa anak perempuan โ“โ“
Kita bisa ketahui bahwa perempuan adalah makhluk yang terlindungi dan berbeda juga pendidikannya. Dalam islam, beberapa hak dan kewajiban perempuan lebih ditekankan untuk lebih dijaga terutama dalam hal pergaulannya. Oleh karena itu perlu nya pengasuhan khusus untuk anak perempuan.


Lalu, bagaiamana cara mendidik anak perempuan โ“โ“
1. Buat pondasi agama yang kuat kepada anakMenurut Umi Rifdiyawati, dasar-dasar agama perlu ditanamkan sejak dini kepada anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menghadirkan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter anak yang sesuai dengan nilai-nilai agama. Selaku orang tua, menanamkan hal tersebut merupakan tugas utama.


2. Ajarkan untuk Menutup auratanak perempuan memang harus dikenalkan tentang menutup aurat sejak kecil. Anak yang sejak kecil terbiasa pakaian seksi, diajari centil, didandani tak sesuai dengan umurnya, maka tak heran bila di usia dewasanya ia tak terbiasa menutup aurat bahkan cenderung enggan.Meskipun memang penting untuk kita para orang tua menanamkan kemauan menutup aurat sejak kecil pada anak, namun orang tua juga seharusnya dapat mengkemas kegiatan ini menjadi suatu yang menarik dan menyenangkan bagi anak, bukan malah sebaliknya.


3. Ajarkan untuk Melakukan pekerjaan rumahDi awal masa prasekolah, nilai sesungguhnya bukanlah untuk membuat semua tugas rapi dikerjakan. Tujuan yang lebih mendasar adalah menanamkan kebiasaan untuk membantu. Anak usia 2, 3, dan 4 tahun senang sekali membantu. Memanfaatkan dorongan natural ini membuat lebih mudah untuk mulai melakukan pekerjaan rumah. Seiring pertumbuhan si kecil, ia bisa mengatasi tugas yang lebih kompleks dan mulai melakukan beberapa hal secara mandiri.


4. Ajarkan Anak untuk Bisa Memelihara diriMaksud memlihara diri disini adalah mengajarkan anak untuk dapat membersihkan tubuhnya. Sudah kewajiban orang tua untuk membekali seorang anak perempuan untuk pintar dalam memelihara kebersihan diri.


5. Ajarkan anak sopan santunHal pertama dan sederhana yang perlu dilatih sejak dini berkaitan dengan mengajarkan sopan santun pada anak adalah melatihnya mengenal 3 kata ajaib, maaf, terima kasih dan tolong. Mulailah mengajari anak balita mengatakan 3 kata ini.


6. Didik Anak dengan kelembutanLembut adalah kunci kebaikan. Seorang yang mendidik anak, jika ingin sukses maka wajib baginya mendidik dengan lembut. Makanya Allah ketika menyebut tentang seorang pendidik, Allah sebut dengan kata Rabbani. Rabbani di sini maksudnya adalah orang-orang yang faqih dan lembut.


7. Tumbuhkan sifat sabar pada AnakAda perbedaan treatment sesuai dengan usia anak. Sikap sabar ini baru dapat dikenalkan kepada anak usia di atas dua tahun. Untuk anak usia 2-5 tahun, orang tua atau pengasuh sudah dapat melatih anak. Metode yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh. Sikap bersabar itu hasil modelling. Kalau ingin anaknya sabar, orang tua harus menunjukkan bagaimana bersabar itu.


8. Gunakan alat permainan yang sesuaiSetiap orang tua tentunya tidak sekedar ingin membelikan mainan yang tidak ada gunanya, kan? Permainan yang melatih imajinasi, kemandirian, ataupun berbagai indra si kecil akan jauh lebih penting. Alat permainan yang sesai untk anak perempan bisa seperti boneka, alat masak-masakan, dokter-dokteran, dll. Warna mainan jga berpengarh. Orang tua bisa berikan warna dominan pink.


Itulah beberapa cara mendidik anak perempuan sejak dini agar menjadi anak perempuan yang baik. Apa yang diajarkan oleh orang tua ketika kecil akan sangat mempengaruhi kehidupannya ketika ia besar nanti.

Terimakasih โ€ฆ. Semoga bermanfaat!

One thought on “Mendidik Anak Perempuan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.