😱Buah hati bunda masih mengompol? 😱
 
Padahal sudah besar?
 
Kadang bingung bagaimana cara agar anak tidak lagi mengompol.. berbagai cara sudah bunda lakukan .. tapi jangan sampai salah melakukan caranya ya. Yang dikira akan mengurangi resiko mengompol malah memperburuk.
 
mengompol sering terjadi karena kandung kemih si kecil belum berkembang secara sempurna, dan saraf yang mengatur hubungan kandung kemih dengan otak masih berkembang serta sedang berusaha menciptakan hubungan..
Penelitian di Amerika menyebutkan 1 dari 20 anak usia 10 tahun masih mengompol saat mereka tidur di malam hari. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebelum anak usia 5 tahun, mengompol masih dianggap wajar dan akan membaik seiring bertambahnya usia. Namun jika tidak ditangani dengan benar, dapat menimbulkan infeksi saluran kemih.
 
Yuk kita simak, Berikut adalah cara-cara untuk mencegah anak mengompol:
Suruh anak buang air kecil sebelum tidur.
Jangan buat anak bunda merasa tertekan. Biasanya ketika anak tertekan produksi urine dalam tubuh akan lebih cepat. Sehingga banyak anak yang sedang tertekan mengompol. Ini memungkinkan ketika tidur, anak merasakan tekanan yang pernah dialaminya sehingga mengompol.
buat jadwal minum dengan teratur.. dengan mengatur jadwal minum, anak akan terbiasa juga dengan jadwal BAK nya.. minum secara berangsur angsur berkurang hingga malam hari anak akan tidur.
tidak bangunkan anak ketika sudah tidur. Dengan bangunkan anak ketika tidur akan mengurangi kualitas tidur dan rawan akan stress.
beri reward ketika anak tidak mengompol. Dengan memberi reward, anak akan termotivasi untuk berusaha tidak mengompol.. otomatis sangat mudah sekali meminta anak untuk mengikuti aturan yang kita buat.
ingatkan anak secara berkala bahwa ketika ingin BAK harus bangun dan pastikan lampu lampu menuju kamar kecil anak harus terang. karena banyak kasus yang menunjukan anak enggan beranjak dari tempat tidur untuk BAK karena gelap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.